Berita

    Jangan Sampai Salah! Arti Huruf dan Angka pada Persneling Mobil Matic

    Mobil matic saat ini menjadi pilihan favorit bagi banyak orang, terutama bagi mereka yang tinggal di kota besar. Namun, bagi pemula yang baru belajar mengendarai mobil matic, mungkin masih belum memahami arti angka dan huruf pada persneling mobil.

    Umumnya, Anda akan menemukan beberapa huruf dan angka pada persneling mobil. Masing-masing kode tersebut memiliki fungsi yang berbeda. Mulai dari untuk parkir, mundur, maju, dan yang lainnya. Agar lebih paham, intip informasi berikut ini!

    Kenali Arti Kode Angka dan Huruf pada Persneling Mobil Matic

    Pada dasarnya, persneling mobil matic memiliki empat posisi dasar, yaitu P, R, N, dan D. Posisi-posisi ini memiliki fungsi yang berbeda-beda. Berikut ini adalah arti huruf dan angka pada persneling mobil matic:

    • P (Park)

    Huruf pada persneling mobil matic yang pertama yaitu “P”, artinya "Parkir". Posisi "P" pada persneling mobil matic harus digunakan saat mobil akan diparkir. 

    Saat tuas persneling berada di posisi "P", gigi transmisi akan terkunci, sehingga mobil tidak akan bergerak.

    Saat akan memarkir mobil, pastikan bahwa mobil berada di posisi yang aman dan tidak akan menghalangi lalu lintas. Kemudian, tekan rem kaki dan masukkan tuas persneling ke posisi "P".

     

    huruf pada gigi matic

    Untuk melepaskan tuas persneling dari posisi "P", pastikan bahwa rem kaki telah ditekan. Kemudian, tekan tombol "P" pada tuas persneling.

    • R (Reverse)

    Huruf "R" pada persneling mobil matic berarti "Mundur". Posisi ini digunakan saat mobil akan mundur. Saat tuas persneling berada di posisi "R", gigi transmisi akan berputar ke arah berlawanan, sehingga mobil dapat bergerak mundur.

    Saat akan mundur, pastikan bahwa area di belakang mobil aman dan tidak ada kendaraan atau orang lain. Kemudian, tekan rem kaki dan masukkan tuas persneling ke posisi "R".

    Untuk melepaskan tuas persneling dari posisi "R", pastikan bahwa rem kaki telah ditekan. Kemudian, masukkan tuas persneling ke posisi "N" atau "D".

    • N (Neutral)

    Huruf "N" pada persneling mobil matic berarti "Netral". Posisi ini digunakan saat mobil berhenti sebentar. Saat tuas persneling berada di posisi "N", gigi transmisi tidak akan aktif, sehingga mobil tidak akan bergerak.

    Posisi "N" pada persneling mobil matic harus digunakan saat mobil berhenti sebentar. Posisi "N" juga dapat digunakan saat akan menyalakan atau mematikan mesin mobil.

    • D (Drive)

    Huruf "D" pada persneling mobil matic berarti "Maju". Posisi ini digunakan saat mobil akan berjalan maju. Saat tuas persneling berada di posisi "D", transmisi akan secara otomatis memindahkan gigi sesuai dengan kecepatan mobil.

    • L (Low)

    Huruf "L" atau angka 1, 2, dan 3 pada persneling mobil matic berarti "Gigi Rendah". Posisi ini digunakan saat mobil melewati jalan yang menanjak atau menurun curam. 

    Saat tuas persneling berada di posisi "L" atau angka 1, 2, dan 3, gigi transmisi akan tertahan pada gigi rendah, sehingga mobil dapat melaju dengan kecepatan yang konstan di jalan menanjak atau menurun curam.

    • S (Sport)

    Selain angka dan huruf pada persneling mobil di atas, ada juga beberapa mobil matic yang dilengkapi dengan huruf S (Sport). Posisi ini digunakan untuk berkendara dengan performa yang lebih tinggi. 

    Saat tuas persneling berada di posisi "S", transmisi akan secara otomatis memindahkan gigi pada kecepatan yang lebih tinggi sehingga mobil dapat melaju dengan lebih kencang.

    • + dan - 

    Beberapa persneling juga dilengkapi dengan lambang + dan - di area moed sport. Simbol ini digunakan ketika akan menggeser gigi secara manual.  

    Tombol + untuk menaikan gigi ke yang lebih tinggi, sementara - untuk menurunkan gigi agar lebih rendah.