Berita

    Memahami Manfaat Membersihkan Lampu Mobil

    Lampu adalah komponen penting bagi mobil. Oleh sebab itu, lampu perlu diperiksa apakah dapat berfungsi dengan semestinya atau tidak. Selain itu, kaca lampu mobil juga perlu dibersihkan untuk memaksimalkan fungsi tersebut.

    Oleh sebab itu, kali ini akan dibahas bagaimana cara membersihkan kaca lampu tersebut. Namun sebelumnya, mari pahami dulu manfaat dari membersihkan lampu tersebut!

    Manfaat Membersihkan Kaca Lampu Mobil

    Ada berbagai manfaat membersihkan lampu mobil baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Berikut beberapa di antaranya:

    • Meningkatkan Penampilan

    Kaca lampu merupakan hal yang bisa dilihat dari luar. Jadi jika terlihat kotor, tentu mobil akan kurang enak dipandang oleh orang lain. Hal ini juga bisa menunjukkan kepribadian sang pemilik mobil tersebut.

    Oleh sebab itu, kaca lampu perlu dibersihkan secara berkala oleh pemiliknya untuk menghilangkan kotoran yang menempel sehingga mobil akan terlihat bersih dan menarik. Terlebih lagi jika baru saja digunakan saat hujan.

    • Meningkatkan Keamanan

    Kotoran pada kaca bisa mempengaruhi pancaran sinar yang dihasilkan oleh lampu mobil itu sendiri. Hal ini disebabkan kotoran tersebut dapat membuat lampu terlihat lebih redup.

    Jika dibiarkan, kotornya kaca lampu mobil bisa berbahaya bagi pengendara maupun orang lain. 

    Hal ini dikarenakan semakin sulitnya pengendara melihat jalanan terutama saat gelap. Begitu pula juga orang lain akan lebih sulit melihat mobil tersebut.

    Oleh sebab itu, kotoran pada kaca lampu mobil perlu dibersihkan secara berkala. Jika bersih, maka keamanan dalam berkendara pun akan meningkat.

    Cara Membersihkan Kaca Lampu Mobil

    Kaca lampu bisa dibersihkan dengan berbagai cara. Berikut beberapa di antaranya yang dapat Anda lakukan:

    • Dicuci 

    Mencuci kaca lampu adalah cara yang paling mudah untuk membersihkannya. Hal ini bisa dilakukan saat Anda mencuci mobil dengan menggosok secara halus bagian kaca lampu tersebut hingga kotoran terangkat.

    Setelah mencucinya, Anda bisa mengeringkannya menggunakan kanebo. Jika tidak dikeringkan dengan benar, maka akan timbul bercak-bercak pada kaca tersebut.

    • Kompon

    Jika kotoran pada kaca lampu tak bisa dibersihkan dengan sempurna bahkan saat dicuci sekalipun, maka kompon bisa digunakan. Caranya dengan membersihkan kaca tersebut, lalu usapkan dengan kompon secara perlahan.

    Namun perlu diperhatikan bahwa penggunaan kompon tak bisa dilakukan secara terus menerus. Hal ini disebabkan oleh sifatnya yang mampu mengikis permukaan. Maka dari itu, gunakan di saat tertentu saja.

    • Lap

    Saat ini terdapat produk lap yang menggunakan bahan microfiber. Produk ini bisa digunakan untuk membersihkan kaca lampu setelah bepergian. Jadi, kotoran yang ada di kaca tersebut tak terlalu menumpuk.

    lap mobilFreepik.com

    Lap ini juga bisa digunakan setelah mencuci kaca lampu dengan sabun. Namun pastikan untuk menggunakannya dengan benar sehingga tak ada sisa air yang menempel.

    • Pasta Gigi

    Pasta gigi telah dikenal sebagai bahan yang mampu membuat kaca yang buram atau berwarna kuning menjadi lebih baik. Caranya pun mudah, yakni dengan menggosoknya secara perlahan ke atas permukaan.

    Gunakan lap microfiber agar tidak menggores kaca lampu saat melakukan hal ini. Jika sudah selesai, maka Anda bisa membilasnya dengan air bersih lalu mengeringkannya.

    • Produk Khusus

    Saat ini ada berbagai produk khusus yang bisa digunakan untuk membersihkan kaca. Produk ini bisa Anda peroleh di toko offline maupun online. Gunakan produk tersebut sesuai cara yang sering tercantum di bagian luarnya.