Berita

    Meski Sepele, Tapi Inilah yang Menyebabkan Kaca Mobil Berjamur

    Mobil akan terlihat bersih ketika tidak ada kotoran yang tersimpan di dalam kabin dan bebas dari jamur di bagian kaca. Namun sayangnya, hal kecil ini sering kali diabaikan. Padahal, kaca mobil berjamur bisa mengganggu penglihatan pengemudi dan dapat berakibat fatal yaitu terjadinya kecelakaan. 

    Untuk menghindari hal buruk terjadi, maka pastikan kaca mobil aman dari jamur dan ketahui apa saja yang bisa menyebabkan jamur tumbuh di atas kaca. 

            1. Mencuci kendaraan 

    Ketika Anda mencuci mobil, tentu tujuannya agar kendaraan bersih kinclong dan bebas dari kotoran, termasuk dari jamur. Namun, sayangnya mencuci kendaraan juga bisa menjadi salah satu yang menyebabkan tumbuhnya jamur di bagian kaca. 

    Hal tersebut terjadi jika Anda tidak melakukan pengeringan dengan benar. Misal, Anda tidak langsung melap semua bagian yang dicuci hingga kering. Akhirnya, itu bisa menjadi rumah yang baik untuk jamur. 

    Langsung mengeringkan mobil di bawah panas matahari juga tidak baik. Sebab, paparan sinarnya bisa menyebabkan air langsung kering dan dapat menumbuhkan jamur di bagian kaca. 

            2. Terkena air hujan yang cenderung kotor

    Air hujan bisa menjadi penyebab kaca mobil berjamur. Pasalnya, sisa air hujan yang menempel di bagian kaca bisa menjadi rumah untuk jamur tumbuh bila tidak langsung dibersihkan. 

    Maka, setelah terkena air hujan, segera lap bagian kaca mobil baik hingga kering. Pasalnya, jika Anda biarkan dalam waktu yang lama, sisa-sia air yang sudah berubah menjadi jamur tersebut akan susah untuk dihilangkan. 

    Tips Mencegah Kaca Mobil Berjamur

    Usai mengetahui apa saja penyebab kaca mobil berjamur, kini saatnya untuk Anda mencari tahu cara mengatasi dan membersihkannya. Agar jamur tidak tumbuh semakin luas dan mengganggu penglihatan pengemudi. 

            1. Lakukan pencucian mobil yang rutin dan keringkan dengan benar

    Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencuci mobil dengan rutin. Kemudian keringkan dengan benar. Sebab, pengeringan yang tidak tepat dapat menjadi salah satu jalan jamur tumbuh memenuhi area kaca mobil. 

    Pastikan pula untuk Anda melap semua bagian mobil yang dicuci hingga kering, tanpa ada satu pun yang masih basah. Hindari juga untuk mengeringkan langsung di bawah sinar matahari. Sebab, paparan sinarnya dapat menumbuhkan jamur di atas kaca mobil.