Berita

    Sering Dilupakan, Ternyata ini Fungsi Tutup Pentil Ban pada Mobil

    Pernahkah Anda ditilang polisi karena tutup pentil ban hilang? Mungkin Anda bertanya-tanya mengapa hal tersebut bisa terjadi. Meski tanpa penutup pentil ban memang tidak akan kehilangan angin, namun penutup pentil atau valve cap memiliki fungsi yang penting bagi keamanan kendaraan. 

    Apa saja fungsi tutup pentil mobil? Simak ulasannya berikut ini.

    1. Melindungi Klep Ban

    Salah satu fungsi penting dari valve cap adalah mencegah debu, kotoran, lumpur dan benda asing lainnya masuk ke dalam ban. Debu dan kotoran yang masuk ke dalam klep dapat menyebabkan korosi dan bisa berujung kebocoran halus. 

    Selain itu, apabila ban tidak dibersihkan kotoran akan menumpuk dan pentil tidak akan tertutup dengan rapat sehingga dapat menyebabkan tekanan ban berkurang. 

            2. Mencegah Tekanan Angin Keluar

    Tekanan angin memang tidak keluar meski tanpa ditutup, namun dalam beberapa kondisi ban dapat kehilangan tekanan anginnya. Misalnya ketika Anda melewati jalanan berbatu atau ketika melindas benda lain yang bisa menekan ban.

    Jika ban Anda tidak ditutup ketika melindas benda tersebut maka tekanan angin bisa keluar. Sebaliknya, apabila klep ban ditutup dengan valve cap maka angin tidak akan merembes keluar. 

    Selain mencegah tekanan angin keluar, penutup pentil juga dapat mencegah ban pecah. Ketika klep tidak ditutup maka semakin lama dapat menyebabkan ban kempes. Apabila ban kempes terus dibiarkan maka ban bisa pecah ketika melewati jalanan berbatu atau jalanan rusak. 

    Oleh karena itu, segera beli penutup pentil ketika tutup ban mobil Anda hilang. 

            3. Mencegah Air Masuk Ban

    Selain mencegah debu, pasir dan kotoran masuk ke dalam ban, penutup pentil juga berfungsi untuk mencegah air masuk ke dalam ban. Ketika hujan dan mobil Anda melewati genangan air, ban yang tidak ditutup dapat kemasukan air. 

    Air tersebut dapat menyebabkan klep ban mengalami korosi dan kebocoran. 

            4. Modifikasi Ban Mobil

    Selain memiliki fungsi praktis, valve cap juga dapat dijadikan hiasan ban mobil. Untuk Anda yang hobi memodifikasi mobil, penutup pentil bisa Anda jadikan aksesoris. 

    Ada banyak sekali desain bentuk valve cap yang bisa dipilih seperti bentuk bola, ujung lancip dan masih banyak lagi dengan pilihan warna yang beragam. 

    Macam-Macam Penutup Pentil