Berita

    7 Tips Menjaga Daya Tahan Wiper Mobil

    Wiper mobil memiliki fungsi penting dalam menjaga pandangan selama berkendara di cuaca hujan. Tanpa komponen ini pengemudi pasti kesulitan melihat kondisi jalan di depannya, sehingga meningkatkan risiko kecelakaan.

    Kerusakan pada wiper akan mengganggu kenyamanan dan keselamatan pengemudi dan penumpang, sehingga kondisinya harus dijaga dengan baik. Jika ingin kondisinya tetap awet sebaiknya lakukan beberapa tips berikut ini.

    7 Tips Menjaga Wiper Mobil agar Tetap Awet

    Tingkat keawetan wiper tidak hanya dipengaruhi oleh kualitas dan materialnya. Meski Anda membeli kualitas yang terbaik, kemungkinan rusak akan semakin besar jika tidak dijaga dan dirawat. 

    Berikut beberapa tips menjaga wiper agar kondisinya tetap bagus dalam waktu yang lebih lama. 

    • Rutin Membersihkan Wiper

    Sama seperti bagian mobil lainnya, wiper perlu dibersihkan secara rutin terutama di bagian karetnya agar fungsinya tetap optimal. Karet wiper yang tidak pernah dibersihkan akan menimbulkan goresan pada permukaan kaca. 

    merawat wiperPexels.com

    Agar hal tersebut tidak terjadi bersihkan secara rutin dengan cara yang tepat menggunakan cairan khusus pembersih kaca dan kain lembut atau spons. Dengan dibersihkan secara rutin fungsi karet wiper akan tetap terjaga dalam waktu yang lebih lama. 

    • Membersihkan Kaca secara Teratur

    Selain membersihkan wiper, Anda juga perlu menyeka debu dan kotoran yang menempel di permukaan kaca mobil. Kotoran yang tidak dibersihkan akan mengganggu kinerja wiper, sehingga hasil sekaannya tidak maksimal. 

    • Rutin Mengganti Karet 

    Karet wiper mobil perlu diganti secara teratur ketika tingkat elastisitasnya menurun. Ciri-ciri karet yang harus diganti yaitu muncul retakan dan teksturnya keras hingga menimbulkan goresan pada permukaan kaca. 

    • Jangan Sembarangan Memilih Cairan Pembersih Kaca

    Penggunaan cairan pembersih yang tidak sesuai bisa mempercepat masa pakai wiper dan merusak permukaan kaca. Gunakan cairan pembersih yang dibuat secara khusus untuk kaca mobil agar tidak merusak karet wiper dan cat mobil.

    • Jangan Menyalakan Wiper saat Kaca Kering

    Penggunaan wiper hanya diperuntukkan saat permukaan kaca basah terkena air. Jika dinyalakan dalam kondisi kaca kering, maka akan menimbulkan gesekan dan membuatnya cepat aus. 

    Sebelum menyalakannya pastikan sudah membasahi kaca dengan cairan pembersih atau air agar hal tersebut tidak terjadi. 

    • Selalu Mengisi Cairan Wiper

    Tips menjaga wiper agar tetap awet selanjutnya yaitu dengan mengisi cairan pembersih secara rutin. Setiap mobil pasti memiliki tangki atau wadah khusus untuk tempat menyimpan cairan wiper. 

    Anda dapat mengisinya dengan air bersih biasa atau mencampurnya dengan cairan pembersih khusus. Tapi lebih disarankan menggunakan cairan pembersih khusus karena di dalamnya terdapat kandungan yang mampu memberikan efek licin. 

    Sehingga dapat mencegah goresan pada permukaan kaca dan membuat wiper lebih tahan lama. 

    • Cek Poros Wiper secara Berkala

    Selain mengecek karet wiper jangan lupa memperhatikan bagian porosnya. Bagian tersebut rawan aus sehingga perlu diberikan pelumas agar tidak mudah rusak.

    Pemberian pelumas secara rutin akan membuat daya seka wiper tetap terjaga, sehingga kinerjanya akan lebih maksimal saat membersihkan air hujan.  

    Apakah wiper Anda mengalami masalah serius? Sebaiknya segera lakukan perbaikan secepatnya ke bengkel resmi Suzuki agar mendapat penanganan yang tepat dari teknik profesional. 

    Jika tidak segera diatasi kemungkinan besar akan menimbulkan kerusakan serius pada permukaan kaca mobil. Anda dapat melakukan konsultasi sebelum melakukan perbaikan dengan staf bengkel resmi Suzuki.