Berita

    Kenali 6 Ciri yang Bisa Ditemukan Pada Mobil Bekas Banjir

    Bagi orang awam, mungkin sulit untuk mendeteksi apakah kendaraan yang dibelinya adalah mobil yang kualitasnya prima atau justru mobil bekas banjir. 

    Sebab, ciri dari mobil yang bekas terkena banjir tidak terlihat secara kasat mata, namun, bukan berarti tidak bisa terdeteksi.

    Hanya saja butuh kejelian untuk bisa membedakan kualitas dari mobil bekas. Untuk mobil yang pernah terkena banjir, ada beberapa ciri yang bisa Anda kenali, berikut ulasannya. 

    Ciri yang Bisa Ditemukan Pada Mobil Bekas Banjir

    Bepergian menggunakan kendaraan roda empat saat musim hujan tiba merupakan solusi yang tepat, khususnya bagi yang mobilitasnya tinggi. Pada momen tersebut, banyak yang memutuskan untuk membeli mobil yang tentunya disesuaikan dengan budget

    Namun sebaiknya jangan terburu-buru memutuskan, apalagi membeli mobil bekas hanya berpatokan pada harga yang murah saja. Sebab, ada kemungkinan kualitas mobil yang ditawarkan tidak maksimal, salah satunya adalah mobil yang bekas terkena banjir.  

    Setidaknya terdapat enam ciri yang tidak bisa disembunyikan pada mobil yang pernah terendam banjir, diantaranya adalah: 

            1. Aroma Mobil Tidak Sedap

    Saat pertama kali membuka bagian kabin, mobil bekas terkena banjir akan tercium aroma yang tidak sedap. Walaupun telah dibersihkan secara maksimal, biasanya aroma ini cukup sulit untuk dihilangkan. 

    Parahnya lagi jika terlalu banyak diberi zat penghilang bau seperti pewangi atau kopi. Maka, aroma yang muncul justru akan semakin buruk.  

            2. Berkarat

    Ciri kedua yang bisa ditemukan pada mobil bekas terendam banjir adalah adanya tanda-tanda karat di bagian tertentu seperti bagian baut pada rem tangan. Cobalah perhatikan apakah di bagian tersebut basah atau bahkan berkarat. 

    Jika benar, maka besar kemungkinan mobil tersebut pernah terendam banjir. Itu sebabnya, periksa mobil dengan teliti secara keseluruhan agar bisa melihat kondisinya secara jelas. 

            3. Harga Cenderung Murah 

    Ciri mobil bekas banjir paling umum yang kerap diabaikan oleh calon pembeli adalah harga yang terlalu murah. Untuk itu, cari informasi seputar harga pasaran mobil yang ingin dibeli sebagai bahan perbandingan saat membeli mobil bekas. 

            4. Terdapat Air Pada Oli Mesin

    Oli mesin pada mobil yang pernah terendam air banjir biasanya bercampur dengan air. Hal ini bisa Anda ketahui dengan cara memeriksa warna oli mesin.