Berita

    Kenali Arti Satuan Angka Kelvin Pada Lampu Mobil

    Tak banyak yang tahu pentingnya mengetahui satuan Kelvin di lampu mobil. Padahal hal ini menjadi dasar untuk mengganti lampu mobil. Artikel ini akan membantu Anda memahami mengenai satuan Kelvin, untuk menentukan lampu yang tepat. Sehingga, sinar lampu tidak terlalu terang hingga mengganggu pengendara lain.

    Cara Memilih Bohlam Berdasarkan Satuan Kelvin di Lampu  

    Satuan Kelvin merupakan penentu suhu pada sinar atau cahaya pada lampu mobil. Sehingga semakin kecil suhu, maka sinar juga semakin hangat. Sebaliknya jika suhu tinggi, maka sinar juga semakin dingin.

    Nah, suhu inilah yang mempengaruhi warna dari cahaya lampu. Semakin kecil suhu, maka cahaya yang dihasilkan akan berpencar. Sebaliknya apabila suhu tinggi, maka cahayanya akan semakin pekat.

    Idealnya, mobil dibekali lampu yang memiliki angka satuan 4.300 Kelvin. Pada angka ini, warna cahaya yang dihasilkan cenderung kuning. Apabila Anda memilih lampu dengan suhu di bawah ideal, maka warna yang dihasilkan semakin menguning hingga akhirnya memerah. 

    Sementara jika Anda memilih lampu dengan suhu di atas 4.300 Kelvin, maka cahaya yang dihasilkan semakin putih pekat. Bagaimana kalau lampu mobil tampak berwarna ungu?

    Berarti pemilihan lampu di atas 8.000 Kelvin. Suhu yang tinggi ini membuat cahaya lampu semakin berwarna biru menuju ungu. Jadi, satuan Kelvin tidak menentukan terang tidaknya lampu. Melainkan mengenai warna lampu dan kepekatannya.

    Memilih Lampu Mobil Ideal

    Sebenarnya, sudah ada angka ideal lampu, yakni di kisaran 4.300 Kelvin. Lampu mobil berwarna kuning meski tampak tak terlalu terang, namun memiliki berbagai keunggulan. Seperti:

    1. Cahaya mampu menembus kabut dan juga hujan. Sehingga saat berkendara pada cuaca tersebut, Anda masih memiliki penerangan yang cukup.
    2. Tidak menyebabkan silau pengendara lain, karena warnanya tidak pekat dan cenderung menyebar jika menerangi jalan.
    3. Kelistrikan yang dibutuhkan sesuai dengan “kemampuan” mobil.

    Tips Memilih Lampu Mobil

    Setelah mengetahui satuan Kelvin di lampu, sebaiknya pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan mobil. Beberapa tipsnya yaitu:

            1. Pilih Lampu dengan Satuan Kelvin Ideal

    Seperti yang telah dijelaskan, angka ideal pabrik yaitu di kisaran 4.300 Kelvin. Maka apabila Anda ingin mengganti lampu, sebaiknya tidak jauh dari angka ideal. Untuk mengetahui satuan ini, Anda bisa melihatnya pada box atau cover bohlam lampu. Produsen pasti mencantumkan satuan Kelvin pada lampu tersebut.