Berita

    Penyebab Pintu Mobil Tidak Bisa Ditutup Rapat dan Cara Mengatasinya

    Salah satu hal yang bisa menjadi masalah bagi pengguna mobil yaitu pintu mobil tidak bisa ditutup dengan rapat. Biasanya, pintu tersebut seakan terpental ketika akan ditutup, bahkan bisa sampai tidak bisa ditutup, sehingga membuat pengguna kurang nyaman.

    Sebenarnya, hal apa saja yang bisa menjadi penyebab sulitnya menutup pintu mobil dengan rapat? Simak penjelasan berikut untuk mengetahui berbagai penyebabnya, sehingga Anda bisa mencegah atau mengatasinya.

    Penyebab Pintu Mobil Tidak Bisa Ditutup Rapat dan Cara Mengatasinya

    Kasus tidak bisa tertutupnya pintu mobil dengan rapat bukan hal yang baru, sudah banyak pengguna mobil yang mengalaminya.

    Biasanya, hal ini disebabkan karena menurunnya kualitas pintu karena mobil sudah mulai berumur, misalnya ketika sudah berusia lebih dari lima tahun. Ada beberapa penyebab umum yang bisa mengurangi performa pintu mobil, antara lain sebagai berikut.

    • Menurunnya Kekuatan dari Engsel Pintu Mobil

    Salah satu bagian penting dari pintu mobil yaitu engsel. Namun, kekuatan dari komponen ini dapat menurun seiring berjalan usia dan pemakaian.

    Hal lain yang bisa menjadi penyebabnya yaitu ketika pengguna mobil tidak benar dalam menggunakan pintu.

    Sebagai contoh, ketika membiarkan pintu mobil terbuka dalam jangka waktu yang lama. Hal ini bisa menjadi penyebab menurunnya kekuatan engsel pintu mobil.

    Untuk mencegah terjadinya masalah ini, maka sebaiknya Anda jangan lupa untuk menutup pintu mobil setelah masuk atau keluar. Dengan begitu, Anda juga telah mencegah masuknya rembesan air ke bagian engsel pintu.

    Pemberian pelumas untuk komponen juga dapat menjadi alternatif pencegahan kerusakan.

    • Karet Pintu Mulai Usang

    Hal kedua yang bisa menyebabkan pintu mobil tidak bisa ditutup dengan baik yaitu karena karet pintunya sudah mulai usang. Umumnya, hal ini terjadi karena faktor usia, sehingga sulit untuk benar-benar dicegah.

    Semakin sering digunakan, serta semakin lama usia karet tersebut, maka tingkat elastisitasnya pun bisa berkurang. Selanjutnya, karet pintu akan cenderung semakin mengeras dan mengalami pengenduran.

    Melakukan berbagai perawatan yang baik bisa memperpanjang usia pakai dari karet ini, misalnya dengan menjaga kebersihannya. Hal ini juga berlaku untuk berbagai komponen lain di pintu mobil.

    Namun, jika memang sudah mengeras karena terlalu tua, maka sebaiknya Anda segera melakukan penggantian karet. Dengan begitu, maka pintu mobil akan kembali bisa tertutup dengan rapat.

    • Pengait Pintu Mulai Aus