Berita

    Manfaat Positive Self Talk Demi Menjaga Kesehatan Mental

    Tentu Anda sering menjumpai diri Anda berbicara sendiri atau self talk ketika sendirian baik yang terdengar maupun dalam pikiran. Berbicara sendiri bukanlah hal yang tidak normal, justru berbicara sendiri dapat bermanfaat terutama bagi mental Anda. Namun self talk yang bermanfaat adalah positive self talk.

    positive self talk merupakan berbicara dengan diri sendiri mengenai hal yang positif untuk memberi sugesti positif pada diri sendiri. Berbicara positif pada diri sendiri dapat memberi manfaat baik untuk mental maupun fisik diantaranya yaitu:

            1. Menghilangkan Stres

    Ketika pekerjaan menumpuk dan banyak hal kurang mengenakkan terjadi pada diri seseorang tentu akan menyebabkan diri Anda merasa stres. Stres yang berkepanjangan dapat memberikan dampak yang kurang baik bagi kesehatan mental dan fisik Anda.

    Salah satu manfaat berbicara positif pada diri sendiri adalah dapat menurunkan stres. Ketika Anda meyakinkan diri Anda jika Anda kuat dan hal positif akan datang maka stres pun akan berkurang. 

            2. Meningkatnya Kualitas Hidup

    Dengan sering berbicara positif pada diri sendiri dapat menurunkan stres dan meningkatkan kualitas hidup Anda sebab Anda akan menghargai diri sendiri dan merasa optimis dalam menjalankan kegiatan sehari-hari. 

            3. Menghindari Negative Self Talk

    Ketika melakukan sesuatu yang buruk biasanya Anda cenderung akan berbicara negatif pada diri sendiri misalnya mengatai diri sendiri bodoh dan sebagainya yang justru akan membebani pikiran. Untuk menghilangkan negative self talk Anda perlu sering sering berbicara positif pada diri Anda.

    Positive talk akan membantu Anda mengambil sisi positif dalam suatu peristiwa sehingga Anda bisa lebih baik kedepannya.

            4. Mengembangkan Percaya Diri

    Ketika Anda terus mendorong diri Anda untuk percaya pada kemampuan yang dimiliki maka secara tidak langsung Anda telah mengembangkan rasa percaya diri pada diri Anda. Dari sini Anda akan lebih menghargai tubuh Anda dan mencegah pikiran negatif.

    Selain itu, positive talk juga dapat meningkatkan kesehatan mental Anda sebab Anda lebih sering berpikir jernih ketika mengalami kesulitan. Hal tersebut berbeda dari seseorang yang tidak memiliki mental kuat.

    Orang yang tidak sering berbicara positif akan lebih mudah mengalami stres sehingga kesehatan mental terganggu.