Berita

    Cara Kerja dan Fungsi Relay Pada Mobil Yang Punya Peran Besar

    Seperti yang kita ketahui, komponen kelistrikan pada sebuah mobil memiliki peran yang sangat penting. Sebut saja salah satunya relay yang ternyata memiliki peranan penting dalam kelistrikan mobil. Fungsi relay secara garis besar yaitu untuk mengalirkan dan mengendalikan listrik.

    Pengertian Tentang Apa Itu Relay Mobil

    Setiap pemilik mobil pada dasarnya harus mengenal komponen yang satu ini. Tidak hanya sekedar mengenalnya saja, Anda juga harus tahu cara kerja relay.

    Relay adalah komponen listrik yang memiliki 2 bagian yang disebut poin dan kumparan. Seperti yang kami paparkan sebelumnya, fungsi relay ini yaitu untuk mengendalikan dan mengalirkan listrik pada mobil.

    Kelebihan Relay Mobil

    Relay memiliki banyak manfaat untuk mobil. Berikut apa saja manfaat yang juga menjadi kelebihan dari komponen tersebut.

    1.  Memperpanjang Usia Saklar

    Relay pada mobil biasanya membutuhkan arus listrik yang besar agar berfungsi dengan baik. Setelah itu, arus listrik setelah Anda memasang relay akan mengalir melewati saklar. Dengan begitu, umur saklar pun akan lebih panjang dibandingkan dengan tidak menggunakan relay.

    2.  Sebagai Pengunci Mobil

    Fungsi relay juga bisa Anda jadikan sebagai pengunci mobil. Penguncian ini bertujuan untuk mengamankan arus listrik pada kendaraan roda empat tersebut. Hal ini karena relay memiliki peran penting yang dapat menghubungkan sekaligus memutuskan arus listrik secara otomatis.

    3.  Mengurangi Hambatan Pada Arus

    Perlu Anda ketahui, kerja komponen elektromagnetik akan terpengaruh oleh hambatan arus listrik. Contohnya, arus listrik yang menghambat bisa membuat nyala lampu mobil menjadi kurang optimal.

    4.  Mengoptimalkan Kualitas Penerangan

    Relay akan membuat lampu pada mobil menyala lebih terang dibandingkan dengan yang tidak menggunakannya. Hal tersebut karena relay mampu memperkuat arus listrik dan mengurangi hambatannya.

    5.  Berfungsi Untuk Melindungi Saklar

    Relay juga bisa dipasang untuk melindungi saklar pada mobil. Pasalnya, komponen ini dapat membuat saklar kombinasi pada mobil tidak cepat panas. Bahkan juga dapat mengurangi kemungkinan saklar yang meleleh akibat panas.

    Cara Kerja Relay Mobil

    Pemilik mobil harus tahu fungsi dari relay dan juga cara kerjanya. Terutama jika Anda yang ingin memasang komponen tersebut. Komponen kelistrikan ini terdiri dari beberapa terminal yang meliputi:

    • 30
    • 85
    • 86
    • 87