Berita

    Cara Menjaga Cat Mobil Agar Tetap Awet dan Menawan

    Salah satu cara menjaga tampilan kendaraan tetap menawan adalah dengan melakukan perawatan terhadap cat mobil secara rutin. Selain mesin dan transmisi, bagian eksterior yang berfungsi untuk melindungi bodi mobil ini juga harus terjaga performanya. 

    Sebab, warna cat pada mobil yang terlihat kusam tentunya akan membuat tampilan kendaraan secara keseluruhan menjadi tidak menarik. Itu sebabnya dibutuhkan perawatan agar tetap terlihat mengkilap. Berikut caranya.  

    Kiat Jitu Merawat Cat Mobil Agar Tetap Berkilau 

    Melakukan perawatan agar warna cat pada bodi mobil tetap mengkilap ternyata tidak serumit yang dibayangkan sebelumnya. Bahkan, ada beberapa cara merawat yang terkesan simpel dan bisa dilakukan sendiri di rumah. 

    Agar tidak penasaran, berikut serangkaian cara merawat cat bodi mobil agar warnanya tidak cepat terlihat kusam. 

    • Pemilihan Tempat Parkir yang Tepat

    Cara pertama dalam menjaga tampilan mobil tetap terlihat menawan dan awet adalah dengan bijak dalam memilih tempat parkir. 

    Apabila hendak parkir, sebaiknya pilihlah tempat parkir yang cukup teduh, terutama ketika berencana parkir dalam waktu yang lama. Selain itu, memiliki garasi yang layak merupakan salah satu hal yang patut diperhitungkan. 

    Ini diperlukan agar mobil tersimpan dengan aman saat tidak digunakan dan terhindar dari berbagai faktor eksternal lain yang mengganggu. 

    Misalnya saja, terkena air hujan, sengatan matahari, kotoran hewan, kejatuhan ranting atau getah pohon, dan lain sebagainya. 

    Jika tidak mempunyai garasi sendiri, Anda bisa menutupi bodi mobil dengan cover dengan bahan material yang halus dan tidak mudah luntur namun kuat terhadap segala cuaca. 

    • Gunakan Cover Mobil walau Malam Hari

    Manfaat dari cover mobil tidak hanya khusus digunakan pada siang hari agar terhindar dari sinar matahari secara langsung. 

    Pada malam hari pun, Anda wajib memasang cover mobil tersebut untuk menghindari memudarnya cat pada body mobil karena terkena air embun. 

    Selain itu, air embun tersebut juga akan membuat ketahanan bodi mobil kian berkurang sehingga berdampak pada munculnya retak-retak kecil. 

    • Rutin Bersihkan Mobil

    Cara berikutnya untuk mempertahankan cat mobil tetap mengkilap adalah dengan membersihkannya secara teratur. Sebelum dibersihkan, sebaiknya siram atau basahi terlebih dahulu bagian bodi mobil tersebut.